Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Pada Soal Cerita Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1801Keywords:
Analisis, Aritmatika sosial, Kesulitan Siswa, Pemahaman, Konsep.Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dan mngetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal aritmatika sosial siswa kelas VII. Sampel yang kami gunakan dalam penilitin ini seanyak 5 orang siswa yang berasal dari beberapa SMP di kabutapan Magetan. Teknik yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitarif yang nantinya akan menjelaskan kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesiakan soal aritmatika sosial serta kami juga menyajikan data kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Pengumpulan data yang kami gunakan secara daring dikrenakan tingkat covid di kaupaten Magetan yang meningkat. Dari pengumpulan data tersebut dilakukan beberapa cara yaitu tes dan wawancara. Tes dilakukan dengan memerikan soal yang sudah diuji kevalidannya dan dimodifikasi setelah itu siswa diberikan beberapa pertanyaan terkait konsep aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukan siswa masih kurang terbiasa dalam menuliskan jawaban secara lengkap dan urut serta kesulitan dalam memahami konsep aritmatika sosial, dan ini menyebakan terjadi kesalahan adalam mengerjakan soal yang diberikan. Selain itu pemahaman bahasa juga menjadi poin penting dalam hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman bahasa yang digunakan dalam soal mengakibatkan siswa kesulitan memahami konsep.References
(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Tusi Fatimah, A., & Eva Zakiah, N. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.92
Wulandari, L., & Riajanto, M. L. E. J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yoga Adi Pratama, Ratih Mila Rani, Yuliana Nindi Wardani, Meganis Styorini, Darmadi Darmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).