Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Pada Soal Cerita Aritmatika Sosial

Authors

  • Yoga Adi Pratama Universitas PGRI Madiun
  • Ratih Mila Rani Universitas PGRI Madiun
  • Yuliana Nindi Wardani Universitas PGRI Madiun
  • Meganis Styorini Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1801

Keywords:

Analisis, Aritmatika sosial, Kesulitan Siswa, Pemahaman, Konsep.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dan mngetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal aritmatika sosial siswa kelas VII. Sampel yang kami gunakan dalam penilitin ini seanyak 5 orang siswa yang berasal dari beberapa SMP di kabutapan Magetan. Teknik yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitarif yang nantinya akan menjelaskan kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesiakan soal aritmatika sosial serta kami juga menyajikan data kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Pengumpulan data yang kami gunakan secara daring dikrenakan tingkat covid di kaupaten Magetan yang meningkat. Dari pengumpulan data tersebut dilakukan beberapa cara yaitu tes dan wawancara. Tes dilakukan dengan memerikan soal yang sudah diuji kevalidannya dan dimodifikasi setelah itu siswa diberikan beberapa pertanyaan terkait konsep aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukan siswa masih kurang terbiasa dalam menuliskan jawaban secara lengkap dan urut serta kesulitan dalam memahami konsep aritmatika sosial, dan ini menyebakan terjadi kesalahan adalam mengerjakan soal yang diberikan. Selain itu pemahaman bahasa juga menjadi poin penting dalam hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman bahasa yang digunakan dalam soal mengakibatkan siswa kesulitan memahami konsep.

References

(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Tusi Fatimah, A., & Eva Zakiah, N. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.92

Wulandari, L., & Riajanto, M. L. E. J. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Pratama, Y. A., Rani, R. M., Wardani, Y. N., Styorini, M., & Darmadi, D. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Pada Soal Cerita Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 96–101. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1801

Issue

Section

Articles