Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1799Keywords:
Problematika, Pembelajaran, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Pembelajaran Daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah satu guru matematika di SMP Negeri 12 Kota Madiun yang mengajar di kelas IX dan satu guru matematika di SMP Negeri 1 Katibung yang mengajar di VIII. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran matematika di SMP Negeri 12 Kota Madiun adalah ketidaktersediaan smartphone atau perangkat lain yang memadai, pada saat pembelajaran motivasi belajar siswa meningkat dan pemahaman konsep matematika lebih terbantu dengan adanya pembelajaran daring. Dan pada SMP Negeri 1 Katibung yaitu masih terkendalanya sinyal dan juga data pada saat pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik yang masih rendah, serta pemahaman konsep matematika yang masih rendah.References
Amintoko, G. (2017). Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Definisi Limit Bagi Mahasiswa. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 6–11. http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Fieka Nurul, A. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(7).
Harianti, R., Amin, S., Studi, P., Masyarakat, K., Al-Insyirah, S., & Pekanbaru, I. (2016). POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. 1(2). https://doi.org/10.22216/JCC.v2i2.983
Ilmiah, F. (n.d.). Problematika Belajar dan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia, 12(1).
Lexi, J., & M.A., M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 54–68. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Sina, I. (2020). PERAN MEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMIK COVID-19. 16(2).
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005. (n.d.).
Undang - Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 ridzo ayu safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).