Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Ridzo Ayu Safitri Universitas PGRI Madiun
  • Bima Adi Megantara Universitas PGRI Madiun
  • Avellina Miftakus Saadah Universitas PGRI Madiun
  • Indah Okta Widyawati Universitas PGRI Madiun
  • Kevin Dedrick Budiarto Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1799

Keywords:

Problematika, Pembelajaran, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Pembelajaran Daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah satu guru matematika di SMP Negeri 12 Kota Madiun yang mengajar di kelas IX dan satu guru matematika di SMP Negeri 1 Katibung yang mengajar di VIII. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran matematika di SMP Negeri 12 Kota Madiun adalah ketidaktersediaan smartphone atau perangkat lain yang memadai, pada saat pembelajaran motivasi belajar siswa meningkat dan pemahaman konsep matematika lebih terbantu dengan adanya pembelajaran daring. Dan pada SMP Negeri 1 Katibung yaitu masih terkendalanya sinyal dan juga data pada saat pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik yang masih rendah, serta pemahaman konsep matematika yang masih rendah.

References

Amintoko, G. (2017). Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Definisi Limit Bagi Mahasiswa. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 6–11. http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Fieka Nurul, A. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(7).

Harianti, R., Amin, S., Studi, P., Masyarakat, K., Al-Insyirah, S., & Pekanbaru, I. (2016). POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. 1(2). https://doi.org/10.22216/JCC.v2i2.983

Ilmiah, F. (n.d.). Problematika Belajar dan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia, 12(1).

Lexi, J., & M.A., M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 54–68. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Sina, I. (2020). PERAN MEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMIK COVID-19. 16(2).

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005. (n.d.).

Undang - Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). 1.

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Safitri, R. A., Megantara, B. A., Saadah, A. M., Widyawati, I. O., Budiarto, K. D., & Darmadi, D. (2022). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 81–84. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1799

Issue

Section

Articles