Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pencapaian Identitas Diri Bidang Karier Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15280Abstract
Identitas diri dalam bidang karier merupakan keadaan pada saat remaja mengetahui kemampuan serta minat yang ia miliki, dan mampu mengenali peluang yang sesuai dengannya, hingga dapat berkomitmen akan suatu pilihan pekerjaan. Penelitian yang berjudul Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pencapaian Identitas Diri Bidang Karier, bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok bidang karier berpengaruh terhadap peningkatan pencapaian identitas diri bidang karier aspek eksplorasi dan komitmen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa yang berjumlah 12 siswa yang termasuk kedalam status status Identity Diffusion dimana siswa tersebut memiliki aspek eksplorasi dan komitmen yang berkategori rendah. Metode Pengumpulan data Angket / kuisioner pencapaian identitas diri bidang karier, setelah mendapatkan siswa yang termasuk kedalam status status Identity Diffusion selanjutnya siswa tersebut diberikan treatment berupa bimbingan kelompok untuk meningkatkan pencapaian identitas diri bidang karier. Hasil penelitian didapatkan sebelum diberikan treatment siswa yang termasuk dalam status pencapaian identitas diri bidang karier Identity Diffusion masih memiliki aspek eksplorasi dan komitmen dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment meningkat menjadi kategori tinggi pada aspek eksplorasi dan komitmen yang termasuk dalam status pencapaian identitas diri bidang karier Identity Achievement. Dapat disimpulakan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pencapaian identitas diri bidang karier pada aspek eksplorasi dan komitmen.Downloads
Published
2023-06-12
How to Cite
Hanun, S. F. ., Umari, T. ., & Yakub, E. . (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pencapaian Identitas Diri Bidang Karier Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 335–343. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15280
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Fatimah Hanun, Tri Umari, Elni Yakub
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).