Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah SD Negeri 014628 Pematang Sei Baru

Authors

  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dwi Hartina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Intan Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hulga Ryan Shori Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14653

Abstract

Penelitian ini bertujuan : mengevaluasi tercapainya program pendidikan karakter pada sekolah dasar di Pematang Sei Baru, memberikan rekomendasi yang baik pada guru, sekolah, maupun pemerintah dalam perbaikan program pendidikan karakter. Jenis penelitian ini evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan sekolah dasar di SDN 014628 Pematang Sei Baru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter belum tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Nasution, I. ., Hartina, D. ., Hasanah, U. ., Ramadhani, . I., & Shori, H. R. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah SD Negeri 014628 Pematang Sei Baru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 100–104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14653

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2