Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMAS CERDAS MURNI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13942Abstract
Dalam penelitian ini tujuan utamanya adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMAS CERDAS MURNI yang terletak di JL. BERINGIN NO. 33, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode yang akan digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara dan analisis dokumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi peran pengawas dalam mengelola kinerja guru, serta meningkatkan kinerja guru agar mencapai hasil yang optimal. Penting untuk dicatat bahwa kebijakan pendidikan harus didukung oleh para praktisi pendidikan yang berada di garda terdepan, yaitu para guru, melalui interaksinya dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, keterlibatan seluruh komponen pendidikan seperti guru, kepala sekolah, masyarakat dan komite sekolah melalui perencanaan yang matang dan pelaksanaan program pendidikan yang terukur menjadi sangat penting. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan cermat untuk memastikan kesimpulan yang objektif dan dapat diandalkan. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.Downloads
Published
2023-04-23
How to Cite
Munawwarah, T., Hasanah, U. ., Widyana, T. ., Tanjung, R. A. H., Rantika, M. S. ., Siregar, A. R. ., & Inom. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMAS CERDAS MURNI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 51–56. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13942
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tarisa Munawwarah, Uswatun Hasanah, Tasya Widyana, Rahmad Ali Hanafiah Tanjung, Madilla Shinta Rantika, Ahmad Rinaldi Siregar, Inom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).