Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMAS CERDAS MURNI

Authors

  • Tarisa Munawwarah UIN Sumatera Utara Medan
  • Uswatun Hasanah UIN Sumatera Utara Medan
  • Tasya Widyana UIN Sumatera Utara Medan
  • Rahmad Ali Hanafiah Tanjung UIN Sumatera Utara Medan
  • Madilla Shinta Rantika UIN Sumatera Utara Medan
  • Ahmad Rinaldi Siregar UIN Sumatera Utara Medan
  • Inom UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13942

Abstract

Dalam penelitian ini tujuan utamanya adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMAS CERDAS MURNI yang terletak di JL. BERINGIN NO. 33, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode yang akan digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara dan analisis dokumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi peran pengawas dalam mengelola kinerja guru, serta meningkatkan kinerja guru agar mencapai hasil yang optimal. Penting untuk dicatat bahwa kebijakan pendidikan harus didukung oleh para praktisi pendidikan yang berada di garda terdepan, yaitu para guru, melalui interaksinya dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, keterlibatan seluruh komponen pendidikan seperti guru, kepala sekolah, masyarakat dan komite sekolah melalui perencanaan yang matang dan pelaksanaan program pendidikan yang terukur menjadi sangat penting. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan cermat untuk memastikan kesimpulan yang objektif dan dapat diandalkan. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Munawwarah, T., Hasanah, U. ., Widyana, T. ., Tanjung, R. A. H., Rantika, M. S. ., Siregar, A. R. ., & Inom. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMAS CERDAS MURNI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 51–56. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13942