Pengembangan Media Aplikasi Sway Pada Pembelajaran IPAS Berbantuan Konstruktivisme Kurikulum Merdeka Kelas IV Di Seolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14590Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa guru belum sepenuhnya merangkul media pembelajaran berbasis teknologi seperti aplikasi Sway. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kelas IV SD yang valid dan praktis berbasis aplikasi Sway. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Ini terdiri dari lima fase model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validator kemudian menggunakan lembar validasi berupa angket untuk memvalidasi media pembelajaran yang telah dibuat. Pengisian angket respon guru dan respon peserta didik dilkukan untuk mengetahui seberapa bermanfaat produk tersebut. Subjek uji coba penelitian ini adalah 26 orang yang terdiri dari 9 perempuan dan 17 laki-laki I kelas IV SD Negeri 12 Sungai Lareh. Penelitian pengembangan media pembelajaran telah menghasilkan tingkat validitas materi 82% dengan kategori valid, tingkat validitas media 88,56% dengan kategori sangat valid, dan tingkat validitas bahasa 82% dengan kategori valid. Hasil respon peserta didik 94% masuk kategori sangat praktis, sedangkan hasil respon guru 98% masuk kategori sangat praktis.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Chasanah, L. R. ., & Erita, Y. . (2023). Pengembangan Media Aplikasi Sway Pada Pembelajaran IPAS Berbantuan Konstruktivisme Kurikulum Merdeka Kelas IV Di Seolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5711–5717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14590
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Laeli Ru’yatul Chasanah, Yeni Erita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).