Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14322Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan bahan ajar yang menarik dan bervariasi yang hanya memuat gambar dan tulisan saja. Bahan ajar yang tersedia disekolah masih dalam bentuk cetak, tampilannya yang kurang menarik dan kurang bervariasi membuat peserta didik menjadi cepat bosan sehingga motivasi belajar peserta didik kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pada materi keberagaman budaya Indonesia menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate di kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evoluation). Bahan ajar yang dibuat kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli bahasa. Untuk praktikaitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 28 orang peserta didik yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan di kelas IV SDN 16 Padang Besi. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar yang memiliki tingkat validitas materi 95% dengan kategori sangat valid, validitas media 92,5% dengan kategori sangat valid, dan validitas bahasa 92,85% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru 89,29% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket peserta didik 90% dengan kategori sangat praktis.Downloads
Published
2023-04-26
How to Cite
Defi, S. ., & Erita, Y. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5111–5116. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14322
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sandra Defi, Yeni Erita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).