Google Maps: Sebuah Media untuk Meningkatkan Spatial Literacy Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Fadillah Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang
  • Ari Suriani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14147

Abstract

Spatial literacy (berpikir keruangan) adalah salah satu keterampilan abad 21 yang harus diketahui dan dimiliki semua orang. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dikembangkan dan diajarkan sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media Google Maps terhadap spasial literacy siswa kelas IV sekolah dasar negeri di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dimana kelas A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran spasial kemudian dianalisis menggunakan pengolahan data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata awal spasial literacy adalah 42,22 untuk kelas eksperimen dan 39,75 untuk kelas kontrol. Setelah berbagai perlakuan dan penalaran spasial akhir, rata-rata kelas eksperimen adalah 73,06 dan kelas kontrol adalah 60,56. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Google Maps berpengaruh dalam meningkatkan spatial literacy siswa.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fadillah, N. ., Erita, Y. ., & Suriani, A. . (2023). Google Maps: Sebuah Media untuk Meningkatkan Spatial Literacy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5480–5486. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14147

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>