Pengembangan Media Aplikasi Sway Pada Pembelajaran IPAS Berbantuan Konstruktivisme Kurikulum Merdeka Kelas IV Di Seolah Dasar

Authors

  • Laeli Ru’yatul Chasanah Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14590

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa guru belum sepenuhnya merangkul media pembelajaran berbasis teknologi seperti aplikasi Sway. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kelas IV SD yang valid dan praktis berbasis aplikasi Sway. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Ini terdiri dari lima fase model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validator kemudian menggunakan lembar validasi berupa angket untuk memvalidasi media pembelajaran yang telah dibuat. Pengisian angket respon guru dan respon peserta didik dilkukan untuk mengetahui seberapa bermanfaat produk tersebut. Subjek uji coba penelitian ini adalah 26 orang yang terdiri dari 9 perempuan dan 17 laki-laki I kelas IV SD Negeri 12 Sungai Lareh. Penelitian pengembangan media pembelajaran telah menghasilkan tingkat validitas materi 82% dengan kategori valid, tingkat validitas media 88,56% dengan kategori sangat valid, dan tingkat validitas bahasa 82% dengan kategori valid. Hasil respon peserta didik 94% masuk kategori sangat praktis, sedangkan hasil respon guru 98% masuk kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Chasanah, L. R. ., & Erita, Y. . (2023). Pengembangan Media Aplikasi Sway Pada Pembelajaran IPAS Berbantuan Konstruktivisme Kurikulum Merdeka Kelas IV Di Seolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5711–5717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14590