Konsep Merdeka belajar menurut Pandangan Filsafat Progretivisme John Dewey

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Desriyandri Desriyandri Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11459

Abstract

Artikel ini bertujuan menelaah konsep merdeka belajar dari sudut pandangan filsafat pendidikan progresivisme menurut  John Dewey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan hermeneutik guna menjelaskan realitas yang terjadi dengan unsur-unsur interpretasi dan deskripsi. Aliran progresivisme  menekankan  pentingnya  dasar-dasar kemerdekaan  dan  kebebasan  kepada peserta  didik. konsep  “merdeka  belajar” memiliki   arah   dan   tujuan   yang   sama   dengan   konsep   aliran   filsafat   pendidikan progresivisme   John   Dewey.   Keduanya   sama-sama   menawarkan kemerdekaan   dan keleluasaan  kepada  lembaga  pendidikan  untuk  mengekplorasi  potensi  peserta  didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta   didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan berbagai sumber yang bisa didapatkan seperti buku, jurnal, majalah, surat-surat kabar dan lain-lain yang berkaitan dengan filsafat pendidikan progresivisme dengan konsep merdeka belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis konten dan analisis deskriptif, dengan maksud bahan kepustakaan yang diperoleh dari berbagai referensi dianalisis secara kritis dan mendalam agar dapat mendukung proposisi dan gagasan peneliti.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Wahyuni, S. ., Desriyandri, D., & Erita, Y. . (2023). Konsep Merdeka belajar menurut Pandangan Filsafat Progretivisme John Dewey . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3010–3014. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11459

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>