Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14553Abstract
Penelitian ini bermula ketika kesenjangan kondisi yang peneliti temukan dilapangan, bahwasanya guru masih memakai LKPD yang bersifat sederhana dan belum melaksanakan pengembangan LKPD dengan memanfaatkan teknologi serta menyesuaikan dengan model pembelajaran. Studi ini bermaksud untuk menciptakan LKPD yang memanfaatkan teknologi dengan memakai aplikasi Lectora Inspire berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Pengembangan LKPD ini memakai lima langkah prosedur studi desain serta pengembangan, yakni Analysis, Design, Depelopment, Implementation dan Evaluation ataupun yang dikenal dengan (ADDIE). Lembar kerja yang dikembangkan dievaluasi di kelas IV di SDN 16 Tarok Dipo dan SDN 08 Tarok Dipo untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya. Temuan studi dari LKPD yang dikembangkan menghasilkan rata-rata tingkat validasi sebesar 3,66 dan proporsi sebesar 91,64% untuk kategori valid. Hasil uji pragmatisme dianggap praktis berlandaskan hasil respon guru sebesar 90% dan hasil respon siswa sebesar 91,46%. Hasil uji efektivitas mendapatkan presentase nilai 91,95% dengan kategori sangat praktis.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Helena, . S. ., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5634–5640. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14553
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sonya Helena, Yeni Erita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).