Analisis Pemecahan Masalah Soal Numerasi Akm Pecahan Kelas V SD Negeri Sowankidul Jepara

Authors

  • Asa Aldina Dwi Rahayu Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Mudzanatun Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8771

Abstract

Tujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri Sowankidul Kabupaten Jepara dalam memecahkan masalah soal cerita AKM numerasi materi penjumlahan dan pengurangan operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif, karena riset yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Intrumen penelitian ini menggunakan observasi, tes soal, wawancara dan angket. Uji keabsahan Data peneliti menggunakan triangulasi teknik pengecekan data dilakukan dengan cara mengecek data sumber kepada sumber data. Hasil penelitian siswa yang berjumlah 25 siswa paling tertinggi terdapat pada melihat (mengecek) jawaban. Sedangkan kesalahan siswa terendah terdapat pada memahami masalah.  Hasil kesalahan siswa menunjukkan sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal, melakukan perhitungan, gaya belajar guru diterapkan, kurangnya respon siswa. Kesulitan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan sebaiknya guru lebih memperhatikan kesulitan yang dialami siswa, terutama siswa yang mengalami kesulitan belajar tidak ketinggalan dengan temannya yang memahami materi pelajaran, memperhatikan gaya mengajar yang lebih baik, seperti menggunakan media. Untuk siswa dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah matematika ini lebih teliti (mengecek) jawabannya agar tidak mengalami kesalahan. Memperharikan guru ketika menjelaskan materi.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Rahayu, . A. A. D. ., Cahyadi, F. ., & Mudzanatun, M. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Soal Numerasi Akm Pecahan Kelas V SD Negeri Sowankidul Jepara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3473–3484. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8771