Analisis Prestasi Kajian Belajar Pada Peserta Didik Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14230Abstract
Gaya belajar adalah suatu cara yang dilakuakn setiap individu dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah sejumlah pengalaman yang diperoleh setiap individu yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah macam-macam gaya belajar ditinjau dari hasil belajar atau prestasi peserta didik kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen diagnostik untuk menentukan gaya belajar terhadap prestasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode ini digunakan untuk memperoleh data dari variable gaya belajar dan hasil belajar atau prestasi peserta didik. Hasil analisis diperoleh dari data, rata-rata gaya belajar peserta didik adalah visual atau gaya belajar dengan cara melihat. Dari analisis hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif yaitu saat proses kegiatan soal evaluasi. Peserta didik saat mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh pendidik pada proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui gaya belajar terhadap hasil belajar atau prestasi peserta didik kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang untuk pertimbangan sekolah dan wali peserta didik dalam memperbaiki perhatian kepada peserta didik terutama dalam proses berlangsungnya pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Cahyani, C. A. ., Mudzanatun, M., Miyono, N. ., & Riskiyati, N. . (2023). Analisis Prestasi Kajian Belajar Pada Peserta Didik Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4726–4732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14230
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Clarita Andriyana Cahyani, Mudzanatun, Noor Miyono, Nur Riskiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).