Pengembangan Media Video Animasi Aplikasi Powtoon Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Putri Rahmah Zul Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14160

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya modifikasi media pembelajaran saat kegiatan belajar berlangsung. Hal ini membuat siswa sulit fokus saat memahami materi, kesusahan dalam memecahkan masalah, dan jenuh. Media gambar dan berpedoman pada buku sering digunakan guru serta terdapat beberapa kesukaran dalam mengembangkan media tersebut. Penelitian ini bertujuan agar media pembelajaran berupa video animasi aplikasi Powtoon pada pembelajaran IPAS kelas IV SD valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE terdapat lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Validasi ahli berasal dari instrumen pengumpulan data, praktikalitas dari respon guru juga respon siswa, dan hasil efektivitas. Hasil penelitian yang dikembangkan memperlihatkan media pembelajaran video animasi aplikasi Powtoon valid, praktis, dan efektif diterapkan dalam kegiatan belajar dengan persentase validitas 92%, praktikalitas 93,76%, dan efektivitas 93,44%.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Rahmah Zul, I. P. ., & Erita, Y. . (2023). Pengembangan Media Video Animasi Aplikasi Powtoon Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4557–4564. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14160

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>