Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13217Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas IV SD Negeri 98 Palembang. Untuk mengatasi masalah ini, strategi mem baca melalui dukungan kartun diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan pada siswa sekolah dasar dan menganalisis pengaruh strategi visual storytelling terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 98 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling (sampel jenuh) sehingga diperoleh sampel kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan IV.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample testing. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh strategi membaca melalui media cerita bergambar terhadap kemampuan memahami isi bacaan siswa sekolah dasar.Downloads
Published
2023-03-24
How to Cite
Sari, E. U. ., Hakim, L. ., & Pratama, A. . (2023). Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1644–1651. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13217
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elpa Ulama Sari, Lukman Hakim, Aldora Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).