Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar

Authors

  • Elpa Ulama Sari Universitas PGRI Palembang,Indonesia
  • Lukman Hakim Universitas PGRI Palembang,Indonesia
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13217

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas IV SD Negeri 98 Palembang. Untuk mengatasi masalah ini, strategi mem baca melalui dukungan kartun diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan pada siswa sekolah dasar dan menganalisis pengaruh strategi visual storytelling terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 98 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling (sampel jenuh) sehingga diperoleh sampel kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan IV.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample testing. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh strategi membaca melalui media cerita bergambar terhadap kemampuan memahami isi bacaan siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Sari, E. U. ., Hakim, L. ., & Pratama, A. . (2023). Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1644–1651. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13217

Most read articles by the same author(s)