Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman

Authors

  • Atika Riani Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan multimedia berupa power point interaktif pada pembelajaran tema 7 pada siswa kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) Model penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Payaraman tahun ajaran 2022. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, validasi bahasa, validasi materi dan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yaitu validator media rata-rata mendapatkan skor 3,68, validator materi rata-rata mendapatkan skor  3,63, validator bahasa mendapatkan skor 3,62. Kepraktisan media didapatkan dari hasil pretest dan posttest siswa rata-rata mendapatkan skor 83,85%. Dengan demikian multimedia power point interaktif dinyatakan valid dan praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Riani, . A., Oktavia , M., & Pratama, A. . (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1819–1825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5617