Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5617Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan multimedia berupa power point interaktif pada pembelajaran tema 7 pada siswa kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) Model penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Payaraman tahun ajaran 2022. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, validasi bahasa, validasi materi dan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yaitu validator media rata-rata mendapatkan skor 3,68, validator materi rata-rata mendapatkan skor 3,63, validator bahasa mendapatkan skor 3,62. Kepraktisan media didapatkan dari hasil pretest dan posttest siswa rata-rata mendapatkan skor 83,85%. Dengan demikian multimedia power point interaktif dinyatakan valid dan praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-23
How to Cite
Riani, . A., Oktavia , M., & Pratama, A. . (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 7 Siswa Kelas V SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1819–1825. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5617
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atika Riani, Maharani Oktavia, Aldora Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).