Pengembangan Media Pop Up Book Tema 5 (Cuaca) Kelas III di SDN 32 Talang Kelapa

Authors

  • Citra H Simanjuntak Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7633

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efek potensial dari media pop up book yang dikembangkan. metode ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Hasil penelitian media pembelajaran pop up book dinyatakan valid ditunjukan dengan hasil validasi oleh validator memperoleh rata-rata persentase 84% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari respon pendidik memperoleh rata-rata persentase 87% dengan kategori sangat praktis, respon peserta didik kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase 91,1% dengan kriteria sangat praktis, dan kelompok besar memperoleh rata-rata persentase 89,7% dengan kriteria sangat praktis. Hasil observasi yang dilakukan saat uji coba produk memperoleh persentase sebesar 88,8% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan bahwa media pembelajaran pop up book pada tema 5 cuaca di SD yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan memiliki efek potensial untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Simanjuntak, C. H. ., Oktavia, M. ., & Pratama, A. . (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Tema 5 (Cuaca) Kelas III di SDN 32 Talang Kelapa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5951–5959. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7633

Most read articles by the same author(s)