Pengembangan Media Pop Up Book Tema 5 (Cuaca) Kelas III di SDN 32 Talang Kelapa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7633Abstract
Tujuan penelitian ialah untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efek potensial dari media pop up book yang dikembangkan. metode ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Hasil penelitian media pembelajaran pop up book dinyatakan valid ditunjukan dengan hasil validasi oleh validator memperoleh rata-rata persentase 84% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari respon pendidik memperoleh rata-rata persentase 87% dengan kategori sangat praktis, respon peserta didik kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase 91,1% dengan kriteria sangat praktis, dan kelompok besar memperoleh rata-rata persentase 89,7% dengan kriteria sangat praktis. Hasil observasi yang dilakukan saat uji coba produk memperoleh persentase sebesar 88,8% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan bahwa media pembelajaran pop up book pada tema 5 cuaca di SD yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan memiliki efek potensial untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Simanjuntak, C. H. ., Oktavia, M. ., & Pratama, A. . (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Tema 5 (Cuaca) Kelas III di SDN 32 Talang Kelapa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5951–5959. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7633
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Citra H Simanjuntak, Maharani Oktavia, Aldora Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).