Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Penguasaan Materi IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6769Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flipchart berbasis gambar terhadap penguasaan materi IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi experimen equivalent control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD Negeri 95 Palembang dengan sampel penelitian siswa kelas VA1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 13 orang dan siswa kelas V.A (2) sebagai kelas kontrol berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes, dan dokumentasi. Instrumen tes sebelum digunakan dalam penelitian diujicoba terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis validitas Tes menggunakan kerelasi product moment dengan kriteria valid kofisien korelasi > 0,361. Hasil uji validitas diperoleh tiga belas soal tes yang valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,8 katageri tinggi. Oleh karena itu tiga belas soal yang valid digunakan dalam penelitian. Data observasi dan dokumentasi di analisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan analisis data tes menggunaakan uji statistik parametri jika uji prasyarat terpenuhi. Jika uji prasyarat tidak terpenuhi maka akan dilakukan uji statistik non parametrik mengguna uji Mann Whitney. Hasil observasi kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa media flipchart berbasis gambar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa. Hasil tes penguasaan siswa terhadap materi IPA untuk kelas eksperimen dan kontrol sebesar 82,95 dan 63. Hasil uji hipotesis diperoleh signifikan = 0,000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan penguasaan materi IPA siswa mengikuti pembelajaran menggunakan media flipchart berbasis gambar dengan siswa mengikuti pembelajaran biasa Siswa kelas V Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-09-12
How to Cite
Novrica, . S. ., Hakim, L. ., & Pratama, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Penguasaan Materi IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1296–1301. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6769
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sara Novrica, Lukman Hakim, Aldora Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).