Analisis Pemahaman Konsep IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5745Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV di SD Negeri 95 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan 11 informan siswa kelas IV A dan guru kelas IV A, dimana untuk kemampuan pemahaman konsep IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV di SD Negeri 95 Palembang dapat dikategorikan cukup rendah. Siswa masih terlihat kesulitan dalam memahami pembelajaran IPA sendiri terutama materi sifat-sifat cahaya, dapat dilihat dari hasil wawancara siswa dan guru yang telah dilakukan peneliti dan dari soal yang diberikan guru, terlihat daya ingat siswa rendah, siswa kesulitan dalam mengingat materi yang diajarkan guru.Downloads
Published
2022-07-30
How to Cite
Wati, U. B. ., Hakim, L., & Hera, T. . (2022). Analisis Pemahaman Konsep IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2227–2233. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5745
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Utari Bela Wati, Lukman Hakim, Treny Hera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).