Analisis Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5578Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak game online pada siswa kelas tinggi terhadap motivasi belajar siswa. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi yang terdampak kecanduan game online di SD N 07 Palembang berjumlah 5 orang. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Observasi dilakukan ketika guru memberikan materi pembelajaran dikelas. Wawancara dilakukan pada siswa dan orangtua siswa serta angket diisi oleh siswa. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelian ini menunjukkan bahwa semakin tingkat kecanduan game online pada anak maka semakin rendah pula tingkat motivasi belajarnya dan berpengaruh negative, membuat anak malas belajar dan mengabaikan kegiatan lainnya.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Atika Nabilla Amalia, Hakim, L. ., & Hera, T. . (2022). Analisis Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1754–1760. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5578
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atika Nabilla Amalia, Lukman Hakim, Treny Hera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).