Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Permainan Beban Pikiran

Authors

  • Zul Azmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13061

Abstract

Penelitian tentang penerapan Strategi Permainan Beban Pikiran telah dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 007 Tambusai. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan. Sampel terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitin ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan permainan beban pikiran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 007 Tambusai, hal tersebut terbukti dengan sebelum dilaksanakan tindakan, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hanya 33,33% dengan rata-rata 54,44 (kategori rendah). Setelah dilaksanakan tindakan dengan menerapkan permainan beban pikiran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 007 Tambusai, menjadi meningkat hal tersebut dapat dilihat pada ketuntasan klasikal siklus I yaitu 66,67% dengan rata-rata 67,22 (kategori cukup) dan siklus II yaitu 83,33% dengan rata-rata 81,11 (kategori tinggi).

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Azmi, . Z. ., Masrul, M., & Daulay, M. I. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Permainan Beban Pikiran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6032–6039. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13061

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>