Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Daya Juang Dalam Belajar Siswa Pasca Pandemi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru

Authors

  • Dian Gusti Maulita Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau
  • Siska Mardes Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12871

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap daya juang dalam belajar siswa pasca pandemi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 12 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 34 siswa. Tingkat daya juang dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengendalikan diri dalam perkembangan belajar pasca pandemi, siswa mampu beradaptasi dengan suasana dan lingkungan pembelajaran tatap muka disekolah setelah begitu lama melaksanakan proses belajar secara daring dirumah.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data ialah kuisioner daya juang dalam belajar siswa pasca pandemi. Berjumlah 35 item yang disusun oleh peneliti. Kuesioner disusun berdasarkan 5 aspek Adversity Quotient oleh Stoltz, yaitu : (1) Control, (2) Origin, (3) Ownership, (4) Reach, (5) Endurance, selanjutnya menguji daya beda item dan menghasilkan 26 item valid pengukuran reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas 0.842.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat daya juang siswa kelas XII pasca pandemi tergolong kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 26 siswa (76%), dan kategori sedang sebanyak 5 siswa (26%). Siswa memiliki tingkat daya juang yang tinggi dalam merespons kendala atau kesulitan yang mereka hadapi. Namun, dalam kondisi tertentu, siswa masih kurang mampu dalam merespons kesulitan dengan baik.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Maulita, . D. G. ., Yakub, E., & Mardes, S. . (2023). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Daya Juang Dalam Belajar Siswa Pasca Pandemi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 653–662. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12871

Most read articles by the same author(s)