Penerapan Model Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12869Abstract
Di dalam pendidikan ada suatu sistem yang dijadikan arah untuk mencapai tujuan memajukan suatu bangsa yang disebut kurikulum, kurikulum yang saat ini diguakan yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan guru kebebasan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Masih sering dijumpai siswa yang kurang memahami konsep materi sehingga menghambat proses pembelajaran. Solusi yang tepat yaitu dengan menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL), model pembelajaran ini dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep materi yang bermakna yaitu pada materi perubahan energy pada siswa kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan projet based learning pada kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pemahaman dngan menggunakan model project based learning, diliihat dari tes kognitif yang dilakukan. Didukung juga dengan hasil wawancara dan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-03-21
How to Cite
Rima Rizkianida, Wuryandini, E. ., Suneki, S. ., & Tunjungsari, D. R. . (2023). Penerapan Model Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1450–1456. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12869
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rima Rizkianida, Endang Wuryandini, Sri Suneki, Diyah Rahayu Tunjungsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).