Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning di SDN Pandeanlamper 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13142Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap tanggung jawab siswa melalui pembelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Pandeanlamper 01 dengan permasalahan yaitu beberapa siswa masih belum mempunyai kesadaran dan tanggung jawab untuk belajar, rendahnya kesadaran siswa untuk mengakui kesalahan, rendahnya tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penanaman sikap tanggung jawab siswa kelas VIA SDN Pandeanlamper 01 Semarang melalui pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek penelitian ini siswa kelas VIA SDN Pandeanlamper 01 dengan jumlah siswa 32 anak. Hasil penelitian menunjukkan: (1) melalui kegiatan wawancara, peneliti mengetahui informasi lebih mengenai tanggung jawab siswa. (2) melalui kegiatan observasi ini peneliti dapat melihat sikap tanggung jawab yang dilakukan siswa di kelas saat pembelajaran IPA dengan beberapa indicator yang menjadi ketercapaian sikap tanggung jawab siswa (3) melalui kegiatan catatan lapangan, peneliti memperoleh informasi kegiatan yang menunjukkan sikap tanggung jawab siswa dengan beberapa metode pembelajaran yaitu metode tanya jawab, diskusi dan demonstrasi pada pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning. Kata kunci: tanggung jawab, problem based learning, pembelajaran IPADownloads
Published
2023-04-02
How to Cite
Wulandari, I. ., Huda, C. ., uneki, S. ., & Tunjungsari, D. R. . (2023). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning di SDN Pandeanlamper 01 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2456–2462. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13142
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ita Wulandari, Choirul Huda, Sri uneki, Diyah Rahayu Tunjungsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).