Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SDN Sampangan 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14291Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SDN Sampangan 02 melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data yang digunakan tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Data awal banyak peserta didik yang nilainya belum tuntas KKM. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Hasil penelitian pada prasiklus jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 10 (34,48%). Siklus I terjadi peningkatan sebesar 34,49% sehingga peserta didik yang tuntas sebanyak 20 (68,97%) . Siklus II pemahaman peserta didik meningkat sehingga hasil belajar juga meningkat yaitu sebesar 20,69% atau bertambah 6 peserta didik tuntas. Sehingga terdapat sebanyak 26 (89,66%) peserta didik tuntas. Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga didukung dengan adanya jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SDN Sampangan 02.Downloads
Published
2023-04-22
How to Cite
Rohmawati, N. ., Nugroho, A. A. ., Wuryandini, E. ., & Murti, T. S. D. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SDN Sampangan 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5062–5068. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14291
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Rohmawati, Aryo Andri Nugroho, Endang Wuryandini, Tin Siana Dayu Murti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).