Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Authors

  • Desi Nurmalasari Universitas PGRI Semarang
  • Agnita Siska P Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Tin Siana Dayu Murti SDN Sampangan 2 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesulitan pembelajaran tematik siswa kelas 3B pasca pandemi Covid-19 di SDN Sampangan 2 Kota Semarang. Menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur baik daring maupun luring, tes tertulis berupa soal evaluasi dan dokumentasi. Wali kelas 3B menjadi informan kunci, sedangkan informan lainnya adalah peserta didik kelas 3B sejumlah 3 orang yang diambil berdasarkan saran dari informan kunci dan hasil soal evaluasi tematik tema 4 kewajiban dan hakku. Peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dalam analisis data, terdapat tiga langkah analisis data yaitu: data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga kesulitan belajar yang ditemukan di kelas 3B SDN Sampangan 2 Kota Semarang  yaitu 1) kesulitan dalam membaca atau belum lacar membaca, 2) kesulitan menemukan konsep penghitungan bilangan cacah baik penjumlahan, pengurangan maupun pembagian, dan 3) kesulitan dalam menalar materi hak dan kewajiban.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Nurmalasari, D. ., Siska P, A. ., Wuryandini, E. ., & Dayu Murti, T. S. . (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3904–3909. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13906