Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13906Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesulitan pembelajaran tematik siswa kelas 3B pasca pandemi Covid-19 di SDN Sampangan 2 Kota Semarang. Menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur baik daring maupun luring, tes tertulis berupa soal evaluasi dan dokumentasi. Wali kelas 3B menjadi informan kunci, sedangkan informan lainnya adalah peserta didik kelas 3B sejumlah 3 orang yang diambil berdasarkan saran dari informan kunci dan hasil soal evaluasi tematik tema 4 kewajiban dan hakku. Peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dalam analisis data, terdapat tiga langkah analisis data yaitu: data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga kesulitan belajar yang ditemukan di kelas 3B SDN Sampangan 2 Kota Semarang yaitu 1) kesulitan dalam membaca atau belum lacar membaca, 2) kesulitan menemukan konsep penghitungan bilangan cacah baik penjumlahan, pengurangan maupun pembagian, dan 3) kesulitan dalam menalar materi hak dan kewajiban.Downloads
Published
2023-04-11
How to Cite
Nurmalasari, D. ., Siska P, A. ., Wuryandini, E. ., & Dayu Murti, T. S. . (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3904–3909. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13906
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Desi Nurmalasar, Agnita Siska P, Endang Wuryandini, Tin Siana Dayu Murti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).