Deskripsi Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Kelas V Sd/Mi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10564Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai penguatan pendidikan karakter pada buku teks kelas V SD/MI tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dan mendeskripsikan kesesuaian nilai penguatan pendidikan karakter pada buku teks guru dan buku teks siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan menggunakan analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks guru dan buku teks siswa kelas V SD/MI tema 8. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pada buku teks guru dan buku teks siswa kelas V SD/MI tema 8 Lingkungan Sahabat Kita termuat 5 nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai penguatan pendidikan karakter pada buku teks guru dan buku teks siswa masih belum sesuai dikarenakan dalam beberapa pembelajaran di masing-masing subtema terdapat nilai penguatan pendidikan karakter yang belum sesuai pada buku teks guru dan buku teks siswa.Downloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Apriani, M., Kartono, K., Pranata, R. ., Hamdani, H., & Salimi, A. . (2022). Deskripsi Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Kelas V Sd/Mi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12662–12670. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10564
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meli Apriani, Kartono Kartono, Rio Pranata, Hamdani Hamdani, Asmayani Salimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).