Deskripsi Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Kelas V Sd/Mi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita

Authors

  • Meli Apriani Universitas Tanjungpura
  • Kartono Kartono Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10564

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai penguatan pendidikan karakter pada buku teks kelas V SD/MI tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dan mendeskripsikan kesesuaian nilai penguatan pendidikan karakter pada buku teks guru dan buku teks siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan menggunakan analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks guru dan buku teks siswa kelas V SD/MI tema 8. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pada buku teks guru dan buku teks siswa kelas V SD/MI tema 8 Lingkungan Sahabat Kita termuat 5 nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai penguatan pendidikan karakter pada buku teks guru dan buku teks siswa masih belum sesuai dikarenakan dalam beberapa pembelajaran di masing-masing subtema terdapat nilai penguatan pendidikan karakter yang belum sesuai pada buku teks guru dan buku teks siswa.  

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Apriani, M., Kartono, K., Pranata, R. ., Hamdani, H., & Salimi, A. . (2022). Deskripsi Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Kelas V Sd/Mi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12662–12670. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10564

Most read articles by the same author(s)