Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10334Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan membaca permulaan siswa kelas I, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa diantaranya adalah kesulitan membaca gambar satu kata, belum mampu mengenal dan melafalkan huruf abjad, kesulitan membedakan huruf yang hampir sama, belum mampu mengeja, kesulitan membaca satu suku kata terbuka, membaca tersendat-sendat, cepat lupa dengan kata yang di ejanya dan mengeja dengan waktu yangcukup lama, faktor penyebab kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan dapat dilihat dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari siswa itu sendiri yaitu faktor minat dan faktor motivasi. Sedangkan faktor eksternal berasal dari orang tua maupun guru pada siswa.Downloads
Published
2022-12-16
How to Cite
Sari, N. K. F. ., Halidjah, S. ., Salimi, A. ., Kresnadi, H. ., & Pranata, R. . (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11816–11823. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10334
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nindi Kartika Fajar Sari, Siti Halidjah, Asmayani Salimi, Hery Kresnadi, Rio Pranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).