Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan

Authors

  • Nindi Kartika Fajar Sari Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan membaca permulaan siswa kelas I, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa diantaranya adalah kesulitan membaca gambar satu kata, belum mampu mengenal dan melafalkan huruf abjad, kesulitan membedakan huruf yang hampir sama, belum mampu mengeja, kesulitan membaca satu suku kata terbuka, membaca tersendat-sendat, cepat lupa dengan kata yang di ejanya dan mengeja dengan waktu yangcukup lama, faktor penyebab kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan dapat dilihat dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari siswa itu sendiri yaitu faktor minat dan faktor motivasi. Sedangkan faktor eksternal berasal dari orang tua maupun guru pada siswa.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Sari, N. K. F. ., Halidjah, S. ., Salimi, A. ., Kresnadi, H. ., & Pranata, R. . (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11816–11823. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10334

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>