Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota

Authors

  • Fatimah Pita Putri Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura
  • Suparjan Suparjan Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 42 Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi exsperimental design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas I SDN 42 Pontianak Kota yang berjumlah 58 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil seluruh siswa kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pretest dan posttest. Alat pengumpul data berupa tes bacaan membaca secara lisan. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol atau kelas tanpa perlakuan sebesar 69,50 sedangkan nilai rata rata kelas eksperimen atau kelas yang diberi perlakuan sebesar 78,33. Dilihat dari perbandingan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan kartu kata berpengaruh dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 42 Pontianak Kota.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Putri, F. P. ., Halidjah, S. ., Pranata, R. ., Suparjan, . S., & Salimi, . A. . (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9787–9798. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9928

Most read articles by the same author(s)