Deskripsi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Jujur Dan Disiplin Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11046Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan karakter jujur dan disiplin, kendala pelaksanaan Pendidikan karakte jujur dan disiplin siswa serta upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan Pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. objek penelitian adalah pelaksanaan Pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mengguanakan instrument observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin dalam pembelajaran terdapat satu indicator yang belum terlaksana yaitu membentuk kantin kejujuran serta poster tentang kedisplinan sekolah. Kendala pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa ialah berasal dari factor dalam diri mereka. Upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin dengan subjek siswa dengan selalu melakukan empat kategori yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Kemudian guru juga selalu melakukan diskusi dengan orangtua siswa yang bermasalah demi terlaksanaanya pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa belum terlaksanaanya beberapa indicator jujur dan disiplin siswa disebabkan oleh factor dari dalam diri serta lingkungan.Downloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Rochana, M. D. ., Kartono, K., Pranata, R. ., Bistari, B., & Salimi, A. . (2023). Deskripsi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Jujur Dan Disiplin Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 829–834. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11046
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Miya Dwi Rochana, Kartono, Rio Pranata, Bistari, Asmayani Salimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).