Deskripsi Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Siswa Kelas III SD Tema 7 Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7156Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten karakter nasionalisme pada buku teks siswa kelas III SD Tema 7 kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Teknik.pengumpulan0data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rincian karakter nasionalisme pada buku teks siswa kelas III SD/MI tema 7 perkembangan teknologi kurikulum 2013 terdiri dari enam butir nilai karakter nasionalisme, dengan persentase kemunculan masing-masing nilai karakter yaitu; bangga sebagai bangsa Indonesia (14%), cinta tanah air dan bangsa (2%), rela berkorban demi bangsa (25%), menerima kemajemukan (25%), bangga pada budaya yang beraneka ragam (17%), dan mengutamakan kepentingan umum (16%).Downloads
Published
2022-10-10
How to Cite
Yuliana, A. ., Hamdani, H., & Suparjan, S. (2022). Deskripsi Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Siswa Kelas III SD Tema 7 Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4667–4674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7156
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amalia Yuliana, Hamdani Hamdani, Suparjan Suparjan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).