Deskripsi Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Siswa Kelas III SD Tema 7 Kurikulum 2013

Authors

  • Amalia Yuliana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Hamdani Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Suparjan Suparjan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten karakter nasionalisme pada buku teks siswa kelas III SD Tema 7  kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Teknik.pengumpulan0data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  rincian karakter nasionalisme pada buku teks siswa kelas III SD/MI tema 7 perkembangan teknologi kurikulum 2013 terdiri dari enam butir nilai karakter nasionalisme, dengan persentase kemunculan masing-masing nilai karakter  yaitu; bangga sebagai bangsa Indonesia (14%), cinta tanah air dan bangsa (2%), rela berkorban demi bangsa (25%), menerima kemajemukan (25%), bangga pada budaya yang beraneka ragam (17%), dan mengutamakan kepentingan umum (16%).

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Yuliana, A. ., Hamdani, H., & Suparjan, S. (2022). Deskripsi Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Siswa Kelas III SD Tema 7 Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4667–4674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7156