Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Pada Siswa Kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang

Authors

  • Mardiah Mardiah Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10288

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulan menggunakan media kartu. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes membaca. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan, rancangan rencana pembelajaran menggunakan media kartu sudah dalam kategori baik dengan skor 7,17, pelaksanaan pembelajaran mendapat skor 7,22 dan keterampilan membaca permulaan mendapat skor 62,82(belum mencapai KKM). Setelah dilakukan refleksi dengan memperbaiki keterampilan dalam mengelola kelas dan lebih memusatkan perhatian kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Hasil penelitian pada siklus II meningkat dari siklus sebelumnya, rancangan rencana pembelajara mendapat skor 7,30, pelaksanaan pembelajara medapat skor 7,53 dan keterampilan membaca permulaan mendapat skor 65,76 (sudah mencapa KKM). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan keterampilan membaca permulaan

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Mardiah, M., Hamdani, H., & Kresnadi, H. . (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Pada Siswa Kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11536–11544. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10288

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>