Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Pada Siswa Kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10288Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulan menggunakan media kartu. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes membaca. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan, rancangan rencana pembelajaran menggunakan media kartu sudah dalam kategori baik dengan skor 7,17, pelaksanaan pembelajaran mendapat skor 7,22 dan keterampilan membaca permulaan mendapat skor 62,82(belum mencapai KKM). Setelah dilakukan refleksi dengan memperbaiki keterampilan dalam mengelola kelas dan lebih memusatkan perhatian kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Hasil penelitian pada siklus II meningkat dari siklus sebelumnya, rancangan rencana pembelajara mendapat skor 7,30, pelaksanaan pembelajara medapat skor 7,53 dan keterampilan membaca permulaan mendapat skor 65,76 (sudah mencapa KKM). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan keterampilan membaca permulaanDownloads
Published
2022-12-15
How to Cite
Mardiah, M., Hamdani, H., & Kresnadi, H. . (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Pada Siswa Kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11536–11544. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10288
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mardiah, Hamdani, Hery Kresnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).