Analisis Muatan 4C pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota

Authors

  • Irwi Fiemi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Kartono Kartono Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan 4C pada rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan 4C pada tujuan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum digunakan dalam tujuan pembelajaran. Muatan 4C pada kegiatan belajar mengajar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Collaboation, Communication dan Creativity. Muatan 4C pada instrument penilaian dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum diterapkan dalam instrument penilaian Kata Kunci: analisis, 4C, rencana pelaksanaan pembelajaran

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Fiemi, I. ., Kartono, K., Pranata, R. ., Kresnadi, H. ., & Ghasya, D. A. V. . (2023). Analisis Muatan 4C pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5525–5532. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11866

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>