Landasan Sosiologis-Antropologis dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10267Abstract
Pembentukan karakter peserta didik tidak dapat dipisahkan dari landasan sosiologis-antropologis. Karena kebudayaan berlandaskan sosiologi merupakan salah satu pembentuk kepribadian siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana landasan sosiologis-antropologis dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Penulisan ini menggunakan desain penulisan telaah dokumen. Sumber data sekunder merupakan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Buku dan laporan ilmiah primer atau asli yang diterbitkan dalam artikel atau jurnal merupakan sumber data sekunder yang dikutip. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini ialah melalui kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam kajian literatur ini terdiri dari 4 tahapan, yakni : 1) Pencarian literatur yang relevan, 2) Analisis data, 3) klasifikasi/Pemilihan data, 4) Penarikan Kesimpulan. Artikel ini menunjukan betapa pentingnya memanfaatkan landasan sosiologis-antropologis yang merupakan salah satu kontribusi terpenting bagi pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar.Downloads
Published
2022-12-15
How to Cite
Goliah, M., Jannah, M. ., Hidayat, S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Landasan Sosiologis-Antropologis dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11416–11423. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10267
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mafdurotul Goliah, Miftahul Jannah, Sholeh Hidayat, Ratna Sari Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).