Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar

Authors

  • Mega Krisdiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Malihah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi filsafat pendidikan idealisme di sekolah dasar. Filsafat pendidikaan idealisme dianggap sebagai solusi untuk berbagai permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya pada karakter peserta didik dan kemampuan sosialnya. Melalui metode deskriptif kualitatif, peneliti akan mendeskripsikan dan menjelaskan secara terperinci berdasarkan studi literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini akan membahasnya melalui beberapa beberapa pandangan diantaranya adalah, pandangan tentang hakikat pendidikan dan tujuan pendidikan untuk membangun karakter peserta didik dan kemampuan sosialnya, pandangan tentang pendidik yang harus menjadi guru yang unggul dalam intelektual dan kehidupan sosialnya, pandangan tentang peserta didik yang bebas untuk mengembangkan moral dan intelektualnya sesuai dengan kemampuan peserta didik , kurikulum dan metode pembelajaran yang disusun untuk bisa menstimulus kemampuan peserta didik.

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Krisdiana, M. ., Malihah, S. ., Hidayat, S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6561–6567. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9353

Most read articles by the same author(s)