Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9353Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi filsafat pendidikan idealisme di sekolah dasar. Filsafat pendidikaan idealisme dianggap sebagai solusi untuk berbagai permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya pada karakter peserta didik dan kemampuan sosialnya. Melalui metode deskriptif kualitatif, peneliti akan mendeskripsikan dan menjelaskan secara terperinci berdasarkan studi literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini akan membahasnya melalui beberapa beberapa pandangan diantaranya adalah, pandangan tentang hakikat pendidikan dan tujuan pendidikan untuk membangun karakter peserta didik dan kemampuan sosialnya, pandangan tentang pendidik yang harus menjadi guru yang unggul dalam intelektual dan kehidupan sosialnya, pandangan tentang peserta didik yang bebas untuk mengembangkan moral dan intelektualnya sesuai dengan kemampuan peserta didik , kurikulum dan metode pembelajaran yang disusun untuk bisa menstimulus kemampuan peserta didik.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Krisdiana, M. ., Malihah, S. ., Hidayat, S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6561–6567. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9353
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mega Krisdiana, Siti Malihah, Sholeh Hidayat, Ratna Sari Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).