Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pada Jenjang Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13557Abstract
Pancasila mengandung berbagai pemikiran yang bersifat kritis, rasional, dan reigius yang menjadikan nilai-nilai yang fundamental bagi manusia khususnya masyarakat Indonesia yang hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga filsafat pendidikan yang merujuk pada nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila merupakan upaya tepat dalam menciptakan generasi bangsa yang memiliki nilai-nilai ideologi Bangsa Indonesia. Melalui filsafat pendidikan Pancasila diperlukan adanya pengembangan ilmu pendidikan dalam mempersiapkan individu yang berbudi pekerti baik, dapat bersosial dan mandiri, bertanggungjawab pada hak serta kewajiban sebagai warga negara serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Metode yang digunakan dalam menyusun penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literatur yang mengacu pada kajian ataupun penelitian yang relevan dengan pembahasan penelitian ini kemudian dipaparkan dengan mengaplikasikan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini yaitu implementasi filsafat pendidikan Pancasila pada jenjang sekolah dasar memiliki pengaruh yang amat besar dalam upaya menanamkan nilai kebangsaan bagi peserta didik. Diharapkan kedepannya Pancasila menjadi sumber rujukan dalam perencanaan pengembangan ilmu pendidikan di Indonesia. Kata Kunci: Filsafat, Pancasila, Pendidikan, Sekolah DasarDownloads
Published
2023-04-03
How to Cite
Devianti, A. I. ., Hasan, A. ., Hidayat, S. ., & Sari, R. . (2023). Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2584–2588. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13557
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Avinindy Inayda Devianti, Amin Hasan, Sholeh Hidayat, Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).