Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pada Jenjang Sekolah Dasar

Authors

  • Avinindy Inayda Devianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Amin Hasan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13557

Abstract

Pancasila mengandung berbagai pemikiran yang bersifat kritis, rasional, dan reigius yang menjadikan nilai-nilai yang fundamental bagi manusia khususnya masyarakat Indonesia yang hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga filsafat pendidikan yang merujuk pada nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila merupakan upaya tepat dalam menciptakan generasi bangsa yang memiliki nilai-nilai ideologi Bangsa Indonesia. Melalui filsafat pendidikan Pancasila diperlukan adanya pengembangan ilmu pendidikan dalam mempersiapkan individu yang berbudi pekerti baik, dapat bersosial dan mandiri, bertanggungjawab pada hak serta kewajiban sebagai warga negara serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Metode yang digunakan dalam menyusun penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literatur yang mengacu pada kajian ataupun penelitian yang relevan dengan pembahasan penelitian ini kemudian dipaparkan dengan mengaplikasikan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini yaitu implementasi filsafat pendidikan Pancasila pada jenjang sekolah dasar memiliki pengaruh yang amat besar dalam upaya menanamkan nilai kebangsaan bagi peserta didik. Diharapkan kedepannya Pancasila menjadi sumber rujukan dalam perencanaan pengembangan ilmu pendidikan di Indonesia. Kata Kunci: Filsafat, Pancasila, Pendidikan, Sekolah Dasar

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Devianti, A. I. ., Hasan, A. ., Hidayat, S. ., & Sari, R. . (2023). Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2584–2588. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13557