Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16422Abstract
Jurnal ini membahas tentang pentingnya mendidik hati dalam pendidikan Islam. Konsep pendidikan hati berakar pada konsep penyucian jiwa atau tazkiyatun nafs, yang mengajarkan bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi baik atau buruk tergantung pada bagaimana ia menjaga dan mengelola hatinya. Pendidikan hati juga terkait dengan konsep tarbiyah atau pendidikan dalam Islam, yang meliputi aspek intelektual, moral, dan spiritual. Dalam konteks modern, pendidikan hati sangat penting untuk membentuk karakter yang baik dan moral yang kuat mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kompleks. Jurnal ini juga membahas pemahaman tentang hati dalam perspektif Al-Qur'an, mengenai kata-kata seperti shadr, qalb, fuad, dan lubb yang memiliki arti mirip tetapi fungsi yang berbeda. Terakhir, jurnal ini menjelaskan bagaimana mendidik hati dalam konsep pendidikan Islam, yang memandang hati sebagai pusat tindakan manusia. Ada banyak ayat dalam Al-Qur'an yang menekankan pentingnya memelihara hati, membuka hati untuk menerima agama Islam, dan mengarahkan hidup ke jalan yang benar. Dengan memahami pentingnya pendidikan hati dalam Islam, individu dapat mengembangkan karakter yang baik dan moral yang kuat dalam kehidupan sehari-hari.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Suryani, I. ., Panjaitan, A. Y. ., Jannah, M. ., Ritonga, A. I. ., Novita, W. ., & Helvirianti, . E. . (2023). Mendidik Hati Dalam Pendidikan Islam (Mengupas Ayat Al-Qur’an). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6002–6012. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16422
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ira Suryani, Achfa Yusra Panjaitan, Miftahul Jannah, Ade Irma Ritonga, Wirda Novita, Eka Helvirianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).