Analisis Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN 13 Tanjung Batu

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas PGRI Palembang
  • M. Ferdiansyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Handphone terhadap perkembangan interaksi sosial siswa kelas V SDN 13 Tanjung Batu. Perkembangan interaksi sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik yang dinamis anatara dua orang individu atau lebih yang berlangsung sepanjang hayat. Anak harus berinteraksi dengan lingkungan sekitar supaya dapat berkembang dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode deskriptif adalah metode dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata yang memiliki makna dengan pemahaman yang nyata. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan jika penggunaan Handphone yang berlebihan akan berdampak pada perkembangan interaksi sosial siswa kelas V SDN 13 Tanjung Batu. Hal tersebut dapat dilihat dari interaksi siswa dengan teman sebaya. Siswa yang menggunakan Handphone secara berlebihan kurang berinteraksi dengan siswa yang lainnya pada saat istrahat sekolah, dan cendrung tidak memperhatikan guru pada saat proses belajar di dalam kelas, kemudian setelah dilakukan wawancara dengan orang tua siswa didapatkan hasil bahwa anak yang menggunakan Handphone secara berlebihan menjadi malas, membantah perinta orang tua dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Jannah, M., & Ferdiansyah, M. . (2022). Analisis Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN 13 Tanjung Batu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1434–1441. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5542

Most read articles by the same author(s)