Analisis Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN 13 Tanjung Batu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5542Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Handphone terhadap perkembangan interaksi sosial siswa kelas V SDN 13 Tanjung Batu. Perkembangan interaksi sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik yang dinamis anatara dua orang individu atau lebih yang berlangsung sepanjang hayat. Anak harus berinteraksi dengan lingkungan sekitar supaya dapat berkembang dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode deskriptif adalah metode dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata yang memiliki makna dengan pemahaman yang nyata. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan jika penggunaan Handphone yang berlebihan akan berdampak pada perkembangan interaksi sosial siswa kelas V SDN 13 Tanjung Batu. Hal tersebut dapat dilihat dari interaksi siswa dengan teman sebaya. Siswa yang menggunakan Handphone secara berlebihan kurang berinteraksi dengan siswa yang lainnya pada saat istrahat sekolah, dan cendrung tidak memperhatikan guru pada saat proses belajar di dalam kelas, kemudian setelah dilakukan wawancara dengan orang tua siswa didapatkan hasil bahwa anak yang menggunakan Handphone secara berlebihan menjadi malas, membantah perinta orang tua dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Jannah, M., & Ferdiansyah, M. . (2022). Analisis Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN 13 Tanjung Batu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1434–1441. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5542
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Miftahul Jannah, M. Ferdiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).