PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Novrita Mulya Rosa Universitas Indraprasta PGRI
  • Ahmad Suryadi Universitas Indraprasta PGRI
  • Robiatul Adawiyah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7536

Keywords:

Social Learning Network (SLN), Pembelajaran Daring

Abstract

Penerapan e-learning pada pembelajaran jarak jauh menjadi solusi bagi sekolah dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di masa pandemi saat ini. Learning Management System (LMS) adalah perangkat lunak berbasis daring yang memberikan fasilitas pembelajaran jarak jauh (Widiastuti, 2021). Penggabungan fitur Learning Management System (LMS) dan Social Network (SN) menjadi Social Learning Network (SLN) yang khusus dibuat untuk keperluan Pendidikan. SLN mendukung pembelajaran kolaboratif dan mendukung proses sharing pengetahuan melalui jejaring sosial (Huang et al., 2010). Guru dan peserta didik dapat berembuk untuk memilih jenis SLN yang dapat melancarkan interaksi pembelajaran secara daring. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru pada SMK Mandala Tiara Bangsa, Cipinang Pulogadung, Jakarta Timur. Permasalahan yang ditemukan di SMK Mandala Tiara Bangsa adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam penggunaan dan pemanfaatan berbagai aplikasi media pembelajaran daring. Solusi dari permasalahan tersebut adalah memberikan sosialisasi untuk menambah pengetahuan guru tentang berbagai macam media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran daring, kemudian memberikan pelatihan Google classroom, Edmodo, dan Schoology sebagai media pembelajaran. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan diawali dengan survei ke mitra untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh mitra dilanjutkan dengan perijinan dan pembuatan proposal. Menyiapkan alat dan bahan untuk pelaksanaan abdimas serta materi yang akan disampaikan. Tahap pelaksanaan abdimas dilakukan secara daring dengan aplikasi zoom untuk menyampaikan materi pelatihan dan demo penggunaan google classroom, Edmodo dan Schoology. Pada akhir tahapan adalah evaluasi dari kegiatan yang dilakukan peserta dalam mengelola google classroom, Edmodo, dan Schoology.

References

Alfina, O. (2020). Penerapan Lms-Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38–46.

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study On “Student Preference Towards The Use Of Edmodo As A Learning Platform To Create Responsible Learning Environment.” Procedia-Social And Behavioral Sciences, 144, 416–422.

Huang, J. J. S., Yang, S. J. H., Huang, Y.-M., & Hsiao, I. Y. T. (2010). Social Learning Networks: Build Mobile Learning Networks Based On Collaborative Services. Journal Of Educational Technology & Society, 13(3), 78–92.

Kurniawan, R. (2009). Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web. Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya-Indonesia.

Ramelan, A. (2015). Penerapan Social Learning Network Berbasis Schoology Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Jurusan Teknik Komputer Dan Informatika Di Smkn 2 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Google Classroom Bagi Guru Ma Raden Fatah Prambanan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 93–103.

Wang, Q., Woo, H. L., Quek, C. L., Yang, Y., & Liu, M. (2012). Using The Facebook Group As A Learning Management System: An Exploratory Study. British Journal Of Educational Technology, 43(3), 428–438.

Widiastuti, I. (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Learning Management System (Lms) Di SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 305–312.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Rosa, N. M. ., Suryadi, A. ., & Adawiyah, R. . (2022). PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1327–1331. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7536