PELATIHAN E-LEARNING UNTUK TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN

Authors

  • Ike Arriany Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" Jakarta (STIMar "AMI" Jakarta)
  • Junadi Junadi Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" Jakarta (STIMar "AMI" Jakarta)
  • Agung Dwi Laksono Sekolah Tinggi Ilmu Maritim "AMI" Jakarta (STIMar "AMI" Jakarta)

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.726

Keywords:

Pelatihan, e-learning, Tutor PKBM

Abstract

Dalam dunia pendidikan terdapat tiga lembaga, yaitu lembaga formal, lembaga informal, dan lembaga non-formal. Lembaga formal merupakan jalur pendidikan terstruktur dan berjenjang yang terdiri dari sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi, yang biasa kita sebut SD, SMP, SMA, SMK, universitas atau sekolah tinggi. Lembaga informal adalah lembaga mandiri atau lingkungan yang mendampingi belajar peserta didik, contohnya seperti bimbel. Lembaga non-formal sering dikenal sebagai sekolah kesetaraan. Salah satu lembaga non formal adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). yang dinaungi oleh Suku Dinas Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, serta Kemendikbud dengan memiliki program kesetaraan paket A, paket B, dan paket C. Mata pelajaran yang ada di program kejar paket A, B, maupun C sama halnya seperti jenjang SD, SMP, maupun SMA.

References

Ahmad, R., Adria Wirda, M., Berutu, N., Lumbantoruan, W., & Sintong, M. (2019). Google classroom implementation in Indonesian higher education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012153

Ibrahim, Nurdin. Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Khophadung, A., & Vongtathum, P. (2016). A designing of google classroom as an online productive flipped classroom tool. In 2016 6th International Workshop on Computer Science and Engineering, WCSE 2016 (pp. 434–438). International Workshop on Computer Science and Engineering (WCSE). https://doi.org/10.18178/wcse.2016.06.072

Nada Dabbagh and Brenda Bannan-Ritland. Online learning: Concepts, strategies and application. (Eidenburgh: Prentice Hall, 2005).

Richey, Rita C., James D.Klein dan Monica W.Tracey. The Instructional Design Knowlage Base. New York: Routledge, 2011.

Smaldino, Sharon E., Deborah L.Lowther dan James D. Russell. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Education Ltd, 2008

Roblyer, M. . (2016). Integrating Educational Technology into Teaching. New Jersey: PEARSON.

http://elearning.unpad.ac.id Powered by Joomla! Generated: 4 May, 2009, 01:15

www.googleclassroom.com

Downloads

Published

2020-06-07 — Updated on 2022-07-13

Versions

How to Cite

Arriany, I., Junadi, J., & Laksono, A. D. (2022). PELATIHAN E-LEARNING UNTUK TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 118–124. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.726 (Original work published June 7, 2020)