PELATIHAN APLIKASI KALKULATOR GRAFIK MATHLAB PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI MAS PLUS AL ULUM MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32699Keywords:
Kalkulator Grafik, Program Linear, MAS Plus Al UlumAbstract
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang disukai siswa karena dianggap sulit dan membosankan. Oleh sebab itu diperlukan aplikasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan seperti aplikasi kalkulator grafik. Pada kalkulator grafik, siswa diberi kebebasan untuk mencoba berbagai pertidaksamaan garis, mengamati berbagai bentuk garis, arah arsiran sesuai dengan bentuk pertidaksamaan, dan titik potong yang terbentuk dari dua garis atau lebih. Melalui aplikasi ini, siswa akan lebih mudah memahami materi program linear dan tidak merasa bosan belajar di kelas. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pendampingan dan praktik langsung. Setelah dilaksanakan pelatihan, 85% siswa telah mampu menggunakan aplikasi ini dan hasil angket menyatakan bahwa 95% siswa merasa pelatihan ini sangat bermanfaat. Pelatihan ini memberikan informasi yang baru kepada siswa bahwa belajar matematika tidak sesulit yang mereka bayangkan.References
Abdillah. (2013). Program Linear. Makassar : Dua Satu Press.
Cahyono, Budi. (2013). Penggunaan Software Matrix Laboratory dalam Pembelajaran Aljabar Linier. Phenomenon, 1(1), 45-62
Dirgantoro, Kurnia. (2017). Penggunaan Kalkulator Grafik dalam Pembelajaran Matematika: Masih Relevankah?. Scholaria, 7(2), 106-117
Elfina, Hetty. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 221-227
Kristanto, Y. D. (2020). Teknologi dalam Belajar Mengajar Matematika: Bermatematika Dahulu, Teknologi Kemudian. SEAMETRICAL, 1(1), 20–21.
Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung : Permata Net.
Noviasti, Sedyatmi. (2020). Penggunaan Media Matlab Berbasis Android Terhadap Pemahaman Kemampuan Konsep Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, 519-521.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hetty Elfina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.