PELATIHAN APLIKASI KALKULATOR GRAFIK MATHLAB PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI MAS PLUS AL ULUM MEDAN

Authors

  • Hetty Elfina Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Dede Ibrahim Muthawali Universitas Sumatera Utara
  • Rini Ramadhani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Winanda Marito Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Rizka Fahruza Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nova Riani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32699

Keywords:

Kalkulator Grafik, Program Linear, MAS Plus Al Ulum

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang disukai siswa karena dianggap sulit dan membosankan. Oleh sebab itu diperlukan aplikasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan seperti aplikasi kalkulator grafik. Pada kalkulator grafik, siswa diberi kebebasan untuk mencoba berbagai pertidaksamaan garis, mengamati berbagai bentuk garis, arah arsiran sesuai dengan bentuk pertidaksamaan, dan titik potong yang terbentuk dari dua garis atau lebih. Melalui aplikasi ini, siswa akan lebih mudah memahami materi program linear dan tidak merasa bosan belajar di kelas. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pendampingan dan praktik langsung. Setelah dilaksanakan pelatihan, 85% siswa telah mampu menggunakan aplikasi ini dan hasil angket menyatakan bahwa 95% siswa merasa pelatihan ini sangat bermanfaat. Pelatihan ini memberikan informasi yang baru kepada siswa bahwa belajar matematika tidak sesulit yang mereka bayangkan.

References

Abdillah. (2013). Program Linear. Makassar : Dua Satu Press.

Cahyono, Budi. (2013). Penggunaan Software Matrix Laboratory dalam Pembelajaran Aljabar Linier. Phenomenon, 1(1), 45-62

Dirgantoro, Kurnia. (2017). Penggunaan Kalkulator Grafik dalam Pembelajaran Matematika: Masih Relevankah?. Scholaria, 7(2), 106-117

Elfina, Hetty. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 221-227

Kristanto, Y. D. (2020). Teknologi dalam Belajar Mengajar Matematika: Bermatematika Dahulu, Teknologi Kemudian. SEAMETRICAL, 1(1), 20–21.

Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung : Permata Net.

Noviasti, Sedyatmi. (2020). Penggunaan Media Matlab Berbasis Android Terhadap Pemahaman Kemampuan Konsep Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, 519-521.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Elfina, H. ., Muthawali, D. I. ., Ramadhani, R. ., Marito, W. ., Siregar, R. F. ., & Riani, N. . (2024). PELATIHAN APLIKASI KALKULATOR GRAFIK MATHLAB PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI MAS PLUS AL ULUM MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7265–7268. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32699