PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE FORM BAGI GURU PENJAS DI KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2781Keywords:
Pelatihan, Google Form, Guru PenjasAbstract
Memasuki era digitalisasi saat ini menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Dimana pembelajaran berbasis online (e-learning) telah menjadi tren baru yang kemudian memaksa guru untuk melek teknologi. Tenaga pendidik atau guru dituntut mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang demikian pesatnya. Olehnya itu, kegiatan pengabdian ini dilakukan guna memberikan pelatihan kepada guru penjas yang difokuskan pada penggunaan Google Form pada proses pembelajaran, meliputi dari awal kegiatan pembelajaran, hingga pada tahapan evaluasi. Tahapan pelaksanaan kegiatan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan (penyajian materi dan praktik), refleksi dan diskusi. Output dari pelaksanaan pelatihan tersebut yakni; meningkatkan pemahaman guru penjas mengenai pemanfaatan Google Form dan fasilitas layanan yang dapat digunakan untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar, guru mampu memahami mengenai sistem evaluasi online dengan menggunakan Google Form, serta mampu menyusun soal berbasis online dengan model assessment dalam genggaman secara mandiri. Sebagai rekomendasi, kegiatan pelatihan pembelajaran berbasis online perlu terus dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan pendidikan di tengah kemajuan teknologi yang demikian pesatnya.References
Aditama, M. Giri., Sugiharto, P. Aji., Nurwulandari, Eki., & Hardiyani, A. Happy. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru SMK Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui In-House Training. BEMAS : Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 53-59.
Batubara, H. Husein. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar islam, 8(1), 39-50.
Ilham, I. (2020). Belajar Daring Membuka Kesenjangan Digital Di Tanah Papua (New Normal, Pacu Akselerasi Merdeka Belajar). Kampus Merdeka Seri 1 : Menilik Kesiapan Teknologi Dalam Sistem Kampus, 11.
Ilham, S. (2021). E-Governance. Deepublish.
Infojateng.id. (2021). “Meningkatkan Kompetensi Guru Era Digitalâ€. [Online] Available At : https://infojateng.id/read/15464/meningkatkan-kompetensi-guru-era-digital/ (Diakses 4 November 2021).
Karnegi, Dale., & Iswahyudi. (2019). Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0 Di Sma Negeri 5 Prabumulih. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019,138-147.
Lestandy, M., Nurhadi., Abdurrahim., & Farisyi, M.B.A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Tk Aba 16 Malang Dalam Penguasaan Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Communnity Development Journal, 2(2), 259-265.
Lestari, M. Ayu., Santoso, M. Budiarti., & Mulyana, Nandang. (2020). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (PRA) Dalam Menangani Permasalahan Sampah. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 55-61.
Telkomuniversity.ac.id. (2019). “Inovasi Pembelajaran Di Era Digitalâ€. [Online] Available at : https://mm.telkomuniversity.ac.id/id/inovasi-pembelajaran-di-era-digital/ (Diakses, 1 November 2021).
Yumame, J., Muttaqin, Z., & Ilham, I. (2020). TEKNIK BACA SKIMMING, PENULISAN KARYA ILMIAH DAN LITERASI DIGITAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 254-258.