PEMANFAATAN ROOT UP SEBAGAI ZAT PENGATUR TUMBUH UNTUK MENSTIMULASI PERAKARAN STEK TANAMAN HIAS AGLAONEMA DI KUB ST. THERESIA DARI CALCUTA LILIBA

Authors

  • Wilhelmina Seran Universitas Nusa Cendana
  • Ludji Michael Riwu Kaho Universitas Nusa Cendana
  • Mamie E. Pellendo’u Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.25330

Keywords:

Root Up, Tanaman Hias, Stek Pucuk

Abstract

Kegiatan pengabdian dengan penerapan IPTEK kepada masyarakat yang berjudul. Pemanfaatan Root Up sebagai Zat Pengatur Tumbuh untuk Menstimulasi Perakaran Stek Pucuk Tanaman Hias di KUB St. Theresia dari Calcuta Liliba. Penggunaan Root up untuk memperbanyak tanaman hias masih jarang digunakan. Root up merupakan hormon perangsang akar pada perbanyakan vegetatif (cangkok atau stek). Root up mengandung fungisida untuk mencegah jamur, infeksi dan berbagai penyakit di bagian yang terluka / terkena sayatan. Perbanyakan tanaman hias masih secara alami atau didatangkan dari daerah lain. Budidaya stek pucuk tanaman hias dengan menggunakan root up merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Program ini bertujuan untuk mendapatkan produksi tanaman hias , Mitra ini bisa menjadi produsen penyedia bibit tanaman hias, meningkatkan motivasi wirausaha dari para ibu rumah tangga  dan menopang pengembangan ekonomi kreatif. Hasil yang diharapkan dari program ini yaitu bibit tanaman hias, meningkatkan jiwa bisnis dari para ibu rumah tangga dan kebutuhan hidup tercukupi.

References

Acquaah, G. 2004. Horticulture Principles and Practices. Revisi ke 3. Pearson Education, Inc., New Jersey. 822hal.

Agromedia. 2006. Sekam bakar dan sekam mentah. Jakarta : Agromedia Pustaka

Anisah PermataSari Agustian, Agustian, Anisah Permata Sari, and Lusi Maira. 2018. Aplikasi Rhizobakteri Pemacu Tumbuh (Rpt) Dari Akar Titonia (Tithonia Diversifolia) Terhadap Pertumbuhan Stek Melati (Jasminum Officinale) Pada Ultisol. Jurnal Solum 15(2): 75.

Anonim 2023. NTT dalam Angka. Badan Pusat Statistik Indonesia

Azizah, Istifar. 2008. Pengaruh zat pengatur tumbuh (root – up) terhadap pertumbuhan akar jati (Tectona grandis L) dalam perbanyakan secara stek pucuk. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bicknell, A. and Seddon, G. 1994. The House Plant Doctor.Chancellor Press. London. 159p

Devies, P. J. 1995.Plant Hormones.Kluwer Academic Publisher. Dordrech

Fajrin, Kurniadi (2016) Pengaruh Penggunaan Zpt Root-Up Terhadap Pertumbuhan Akar Dan Anakan Pada Berbagai Bagian Setek Cacah Daun Lidah Mertua (Sansevieria gracilis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

Indah Silvya, dkk. 2008. Pengaruh IBA dan NAA Terhadap Stek Aglaonema var Donna Carmen dengan Perendaman (The Effect of IBA and NAA Concentration for Cutting of Aglaonema var Donna Carmen by Soaking). Makalah Seminar Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Seran, W., Kaho, L. M. R. ., & Pellendo’u, M. E. . (2024). PEMANFAATAN ROOT UP SEBAGAI ZAT PENGATUR TUMBUH UNTUK MENSTIMULASI PERAKARAN STEK TANAMAN HIAS AGLAONEMA DI KUB ST. THERESIA DARI CALCUTA LILIBA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6135–6140. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.25330

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.