PENGEMBANGAN IDENTITAS BRAND UMKM KERUPUK KEMPLANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI DESA LEMBAK (PELATIHAN LOGO)

Authors

  • Nency Agustin Universitas Indo Global Mandiri
  • M Ammar Fauzan Universitas Indo Global Mandiri
  • Pitri Rosmala Dewi Universitas Indo Global Mandiri
  • Aliah Ghina Universitas Indo Global Mandiri
  • Luis Marnisah Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Wadud Universitas Indo Global Mandiri
  • Endy Agustian Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34944

Keywords:

Pengembangan, Brand, Daya Saing.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pelatihan logo item bisnis makanan pada UMKM Kerupuk Kemplang dan menjelaskan proses desain produk tersebut. Kegiatan program bersama mitra KKN menjadi data penelitian ini. Kemasan dan logo usaha merupakan satu hal yang penting dalam usaha, masyarakat desa Lembak masih belum memiliki pengetahuan yang lebih mengenai pentingnya branding dalam suatu produk. Berdasarkan temuan penelitian UMKM Kerupuk Kemplang diberikan pelatihan pembuatan logo untuk produk makanan. Di Desa Lembak Sumatera Selatan, pengembangan produk UMKM dapat dilakukan dengan diversifikasi produk yaitu membuat identitas seperti logo pada brand UMKM Kerupuk Kemplang Di desa Lembak.  Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat yaitu untuk mengembangkan produk UMKM Kerupuk Kemplang dan meningkatkan daya saing produk. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu observasi secara langsung dan wawancara dengan pemilik UMKM, kemudian dilakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan   ini mendapatkan respon yang positif dan antusias warga desa Lembak terutama untuk pemilik usaha UMKM Kerupuk Kemplang. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat dalam penelitian ini, produk UMKM Kerupuk Kemplang pada Desa Lembak mengerti dan bisa membuat logo untuk brand mereka sendiri menggunakan aplikasi yang diajarkan melalui pelatihan logo. Masyarakat desa Lembak jadi lebih memahami mengenai pentingnya identitas brand yang baik untuk suatu usaha, dan memiliki tampilan kemasan dan logo atau label yang lebih menarik sehingga diharapkan mampu untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Agustin, N. ., Fauzan, M. A. ., Dewi, P. R. ., Ghina, A. ., Marnisah, L., Wadud, M. ., & Agustian, E. . (2024). PENGEMBANGAN IDENTITAS BRAND UMKM KERUPUK KEMPLANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI DESA LEMBAK (PELATIHAN LOGO). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8952–8957. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34944

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.