IMPLEMENTASI COACHING DIGITAL BRANDING DALAM PENGEMBANGAN LOGO UMKM KAMPUNG PUTIH KLOJEN MALANG

Authors

  • Survival Survival Universitas Widyagama Malang
  • Dwi Anggarani Universitas Widyagama
  • Zaenudin Zaenudin Universitas Widyagama
  • Nor Widianah Risqi Universitas Widyagama
  • Laili Nur Fadhilah Universitas Widyagama
  • Rifki Fandika Daffa Wardhana Universitas Widyagama

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24091

Keywords:

Kampung Putih Malang, UMKM, Digital Branding, Logo, Coaching

Abstract

Kampung Putih Malang merupakan salah satu kampung tematik yang menjadi destinasi wisata favorit di Kota Malang. Namun, UMKM di Kampung Putih Malang masih belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga kurang dikenal oleh masyarakat luas. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan pengenalan UMKM Kampung Putih Malang melalui pengembangan logo sebagai icon UMKM. Program ini dilaksanakan melalui metode coaching digital branding, yang meliputi: (1) riset dan analisis kebutuhan, (2) brainstorming, (3) perancangan logo, dan (4) sosialisasi logo. Hasil program menunjukkan bahwa logo yang dihasilkan memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan citra Kampung Putih Malang. Logo ini juga telah diterapkan oleh UMKM Kampung Putih Malang di berbagai media, seperti media sosial, website, dan papan nama. Berdasarkan hasil program, dapat disimpulkan bahwa coaching digital branding merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan daya tarik dan pengenalan UMKM. Logo yang kuat dapat membantu UMKM untuk membedakan diri dari pesaing, membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen, serta meningkatkan daya ingat merek.

References

Aaker, D. A. (2012). Building strong brands. New York: Simon & Schuster.

Adibah, L. (2018). Peran UMKM dalam Mengurangi Pengangguran, Menciptakan Lapangan Kerja, Mengurangi Kemiskinan, Meningkatkan Kesejahteraan dan Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 19(1), 1-12.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. (2022). Statistik UMKM 2022.

Hapsoro, F. (2019). Pengaruh pendampingan digital branding terhadap brand awareness dan penjualan produk UMKM di Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1), 1-12.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. New York: Pearson Education.

Kemenkop UKM. (2023). Peran UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perwita, I. G. B. A. (2021). Pengaruh pendampingan digital branding terhadap kemampuan menggunakan media sosial UMKM kuliner di Kota Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(1), 1-14.

Smith, M. D., & Wheeler, A. R. (2018). Enhancing brand recognition through visual design elements in digital marketing. Journal of Marketing Management, 34(11-12), 1123-1142.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Survival, S., Anggarani, D. ., Zaenudin, Z., Risqi, N. W. ., Fadhilah, L. N. ., & Wardhana, R. F. D. . (2024). IMPLEMENTASI COACHING DIGITAL BRANDING DALAM PENGEMBANGAN LOGO UMKM KAMPUNG PUTIH KLOJEN MALANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 912–922. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24091