PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK ASAM GELUGUR BERBASIS EKONOMI KREATIF TERKAIT DESAIN DAN PEMASARAN PRODUK DI DESA WISATA BATU JONG JONG, KECAMATAN BAHOROK, KABUPATEN LANGKAT.

Authors

  • Iwan Riady Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara
  • Ikhlas Ramadhan Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara
  • Claudina Sibarani Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara
  • Feni Agustina Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara
  • Ika Wulandani Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara
  • Joy Fery A. Sinaga Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara
  • Tri Nindy Zebua Politeknik Pariwisata Medan Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23682

Keywords:

Pendampingan ; UMKM; Ekonomi Kreatif ; Desain ; Pemasaran

Abstract

Krisis ekonomi secara besar besaran terjadi dalam 3 tahun terakhir, setelah pandemi menggemparkan seluruh dunia. Meskipun begitu sektor UMKM mampu bertahan dari krisis ekonomi, bahkan cenderung bertambah pada tahun tahun terakhir. Munculnya pesaing pesaing baru dan terus diikuti dengan perkembangan teknologi menjadi tantangan khusus bagi para pengelola. Masyarakat menjadikan perkembangan sebagai solusi yang dapat membantu pertahanan dari berbagai bentuk UMKM terutama bentuk usaha kecil yang sangat rentan terhadap persaingan UMKM. Tujuan pendampingan ini adalah untuk membantu masyarakat mengetahui potensi dan karakteristik Asam Gelugur sebagai produk ekonomi kreatif dan UMKM di Desa Wisata Batu Jong Jong, meningkatkan strategi komunitas terkait pengembangan desain produk Asam Gelugur, meningkatkan strategi komunitas pemasaran produk Asam Gelugur. Dengan demikian, diharapkan pengabdian ini dapat membantu UMKM yaitu produk olahan Asam Gelugur dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan daya saing usaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan partisipatif dengan melibatkan UMKM pengelola produk olahan Asam Gelugur di Desa Batu Jong Jong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Pengabdian dilaukan dengan 2 kegiatan menjadi beberapa tahap, yaitu pertemuan awal berupa pelatihan pengembangan produk berbasis ekonomi terkait desain dan pemasaran, di ikuti dengan pendampingan berkala terkain pembuatan desain dan pemasaran produk, serta evaluasi dan monitoring. Sebagai sarana pengembangan selanjutnya, UMKM produk Asam Gelugur dapat terus mengadopsi teknologi dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengoptimalkan usahanya.

References

Asriani, A. (2015). Pemanfaatan Internet Marketing dalam Pemsarana Produk Unggulan Pertanian Provinsi Gorontalo. Jurnal Komunikasi KAREBA No. 3 Vol. 1 , 249 - 257.

Azany, F. (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio. 1-77.

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). ikraith-informatika, 2(3), 53-60.

Departemen Koperasi. 2022. PDB, Investasi, Tenaga Kerja, Nilai Ekspor UKM di Indonesia.

Depkop. Jakarta.

Fauzi , V. P. (Februari 2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing ErCorner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 3 No. 1, 1 – 15

Jafar, Mohammad Hafsah.2018. “ Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM)”, Infokop Nomor 25 Tahun XX, 2018.

Jenis UMKM Indonesia (Undang Undang no 20 Pasal 1, 2008).

Kementrian Pariwisata dan Ekonimo Kreatif (2023). https://jadesta.kemenparekraf.go.id/paket/bakatak_syrup.

Viska, (2022, Desember 17). UMKM kembali menjadi pahlawan ekonomi di tahun 2023. https://www.kominfo.go.id/content/detail/46385/umkm-kembali-jadi-pahlawan- ekonomi-di-tahun-2023/0/berita

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Riady, I. ., Ramadhan, I. ., Sibarani, C. ., Agustina, F. ., Wulandani, I. ., Sinaga, J. F. A. ., & Zebua, T. N. . (2023). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK ASAM GELUGUR BERBASIS EKONOMI KREATIF TERKAIT DESAIN DAN PEMASARAN PRODUK DI DESA WISATA BATU JONG JONG, KECAMATAN BAHOROK, KABUPATEN LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13265–13273. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23682