PERSEPSI DOSEN DI INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DI LINGKUP AKADEMIK

Authors

  • Shirly Rizki Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang
  • Riska Pristiani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22861

Keywords:

Persepsi, Chatgpt, Tantangan, Peluang

Abstract

ChatGPT merupakan salah satu produk kecerdasan buatan yang dirancang untuk berkomunikasi layaknya manusia. Fitur yang ditawarkan ChatGPT adalah dapat menghasilkan teks dengan kosa kata dan tata bahasa yang sangat mengagumkan. Namun, jika diterapkan dalam lingkungan akademik, ChatGPT menawarkan sejumlah manfaat, meskipun terdapat tantangan yang patut diperhatikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam persepsi dosen di Indonesia terhadap penggunaan ChatGPT dalam ranah akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dosen berpengalaman dalam mengoperasikan chatGPT dalam ranah akademik (73,6%). Dosen memandang chatGPT sebagai hal yang positif berkaitan dengan fiturnya yang dirasa mampu mendorong akademisi untuk belajar secara mandiri (48,3%), mencari informasi (44,8%), menghasilkan ide-ide/gagasan (44,8%), membantu dalam menulis teks, pidato, artikel, presentasi, dsb (41,4%), dan membantu dosen dalam membuat materi pembelajaran (27,3%). Adapun sebagian besar dosen menilai negatif chatGPT ditilik dari tantangannya dalam hal plagiarisme (65,5%). Setiap kemajuan teknologi selalu disertai dengan tantangan dan peluangnya. Semakin berkembangnya zaman, manusia diharapkan mampu hidup berdampingan dengan teknologi.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. In Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa.

Bang, Y., Cahyawijaya, S., Lee, N., Dai, W., Su, D., Wilie, B., Lovenia, H., Ji, Z., Yu, T., Chung, W., Do, Q. V., Xu, Y., & Fung, P. (2023). A Multitask, Multilingual, Multimodal Evaluation of ChatGPT on Reasoning, Hallucination, and Interactivity. http://arxiv.org/abs/2302.04023

Cotton, D. R. E., Cotton, P. A., & Shipway, J. R. (2023). Chatting and Cheating: Ensuring academic integrity in the era of ChatGPT. https://doi.org/DOI: 10.1080/14703297.2023.2190148

Firaina, R., & Sulisworo, D. (2023). Exploring the Usage of ChatGPT in Higher Education: Frequency and Impact on Productivity. Buletin Edukasi Indonesia, 2(01), 39–46. https://doi.org/10.56741/bei.v2i01.310

Firat, M. (2023). How Chat GPT Can Transform Autodidactic Experiences and Open Education? Preprint, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ge8m

Firat, M. (2023). What ChatGPT means for universities: Perceptions of scholars and students. Journal of Applied Learning and Teaching, 6(1), 57–63. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.22

Fitria, T. N. (2023). Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay. Journal of English Language Teaching, 12(1), 44–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt

Kiryakova, G., & Angelova, N. (2023). ChatGPT—A Challenging Tool for the University Professors in Their Teaching Practice. Education Sciences, 13(10). https://doi.org/10.3390/educsci13101056

Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, dan Penggunaan Bijak dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Semnas Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 2(1), 54–67.

Nailus, S., & Hasanudin, C. (2023). Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Daring: UKMJ Sinergi, 593–604.

Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1), 342–363. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01).

Sugiyono. (2011). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susnjak, T. (2022). ChatGPT: The End of Online Exam Integrity? http://arxiv.org/abs/2212.09292

Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(15). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00237-x

Viorennita, A., Dewi, L., & Riyana, C. (2023). The Role of ChatGPT AI in Student Learning Experience. https://doi.org/10.17509/xxxx.xxx

Wahid, R., Hikamudin, E., & Hendriani, A. (2023). Analisis Penggunaan Chat-GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pedagogik Indonesia, 1(2), 112–117.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Kusumaningrum, S. R. ., Dewi, R. S. I. ., & Pristiani, R. . (2023). PERSEPSI DOSEN DI INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DI LINGKUP AKADEMIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11898–11905. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22861