ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF PROJECT STEAM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS

Authors

  • Gamar Al Haddar Haddar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Donny Hendriyanto Universitas Andalas
  • Haris Munandar Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Umar Kelibia IAIN Ambon
  • Mas'ud Muhammadiah Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21559

Keywords:

Model Pembelajaran PJBL Berbasis STEAM, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM. Ini adalah metodologi penelitian eksperimental semu. Kelompok kontrol nonekuivalen digunakan dalam desain penelitian penelitian ini. Dua ratus siswa merupakan populasi yang diselidiki. Teknik pengambilan sampel: digunakan sampling yang disengaja. Dua kelompok kelas yang berbeda memberikan sampel untuk penyelidikan ini. Terdapat dua kelas yaitu kelas B sebagai kelompok kontrol dan kelas A sebagai kelas eksperimen. Pra-penelitian, pra-pembelajaran, dan pasca-pembelajaran adalah tiga fase pengumpulan data untuk penelitian ini. Pemeriksaan dan survei digunakan pada tahap pra-penelitian. Pertanyaan penelitian dan hipotesis yang dapat diuji dikembangkan dengan mengolah dan menganalisis data setelah dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics untuk melakukan uji-t dan uji statistik parametrik lainnya. Hasil uji hipotesis data dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t memberikan bukti bahwa penerapan model pembelajaran PjBL berbasis STEAM memberikan dampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sejalan dengan temuan penelitian dan percakapan. Baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol saling mengungguli dalam hal nilai rata-rata pascates. Di atas 70 adalah skor rata-rata untuk kelas eksperimen, dan di atas 60 untuk kelompok kontrol.

References

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). The Influence Of Lack Of Literacy And The Low Ability To Think Critically In Education In Indonesia. Conference Series Journal, 1(1), 1–12.

Mamusung, R. T., Nimran, U., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2021). The Effect Of Relationship Marketing On Service Quality And Customer Loyalty: An Empirical Study In Indonesia. The Journal Of Asian Finance, Economics And Business (Jafeb), 8(7), 533-543.

Wahdiniawati, S. A., Tannady, H., Al Haddar, G., Sugisman, S., & Arief, I. (2023). Analisis Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kompetensi Dan Beban Kerja Pada Guru Smp Negeri Di Dki Jakarta. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(1), 632-640.

Ekasari, S., Manullang, S. O., Syakhrani, A. W., & Amin, H. (2021). Understanding Islamic Education Management In Digital Era: What Experts Say. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 127-143.

Manullang, S. O., & Satria, E. (2020). The Review Of The International Voices On The Responses Of The Worldwide School Closures Policy Searching During Covid-19 Pandemic. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 1-13.

Manullang, S. O. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan Di Era Teknologi. Cross-Border, 4(1), 83-88.

Manullang, S. O. (2021). Understanding The Sociology Of Customary Law In The Reformation Era: Complexity And Diversity Of Society In Indonesia. Linguistics And Culture Review, 5(S3), 16-26.

Wahdiniawati, S. A., Maarif, M. S., & Dirjosuparto, S. (2014). Sistem Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Di Pt Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jakarta Selatan. Widyariset, 17(1), 93-104.

Wahdiniawati, S. A., & Sarinastiti, N. (2023). Employee Development: Analysis Organization Culture, Competence And Mentoring: A Literature Review. International Journal Of Business And Applied Economics, 2(2), 295-308.

Kurniawan, A., & Wahdiniawati, S. A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Army. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7).

Wahdiniawati, S. A., Sari, W., Tukiyo, T., Puspitasari, T., & Pepilina, D. (2023). Implementation Of Teachers’ Pedagogy In Developing Basic Competence In Subject That Contain Metacognitive. Journal On Education, 5(4), 15025-15029.

Puspitoningrum, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas Vii. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 152-162.

Puspitoningrum, E., & Rahmayantis, M. D. (2018). Bahan Ajar Pacelathon Undha Usuk Basa Jawa Lokalitas Kediri Sebagai Penguatan Karakter Tata Krama Berbicara Siswa Dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1).

Puspitoningrum, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Cerita Anak Untuk Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1).

Agan, S., & Puspitoningrum, E. (2022). Kosa Kata Bahasa Asing Dalam Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 63-74.

Pitoyo, A., Sujarwoko, S., & Puspitoningrum, E. (2019). Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0. In Prosiding Senasbasa (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra) (Vol. 3, No. 2, Pp. 128-134). Universitas Muhammadiyah Malang.

Puspitoningrum, E. (2020). Analisis Permasalahan Pada Kebutuhan Belajar Keterampilan Menulis Makalah Mahasiswa Melalui Model Jigsaw Di Era Digital (Kajian Awal Lesson Study). Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 1-11.

Puspitoningrum, E. (2020). Analisis Permasalahan Pada Kebutuhan Belajar Keterampilan Menulis Makalah Mahasiswa Melalui Model Jigsaw Di Era Digital (Kajian Awal Lesson Study). Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 1-11.

Puspitoningrum, E., Agan, S., & Rahmayantis, M. D. (2023). Model Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Melalui Virtual Learning Pada Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Siswa Sma. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 6(1), 32-46.

Mamusung, R. T., Kusumawati, A., Nimran, U., & Suharyono, S. (2019). Building Customer Loyalty Through Service Quality And Customer Trust. Wacana Journal Of Social And Humanity Studies, 22(4).

Setyawati, K., Ausat, A. M. A., Kristanti, D., Setiadi, B., & Astuti, E. D. (2023). The Role Of Commitment, Work Ethos And Competence On Employee Performance In Sharia Commercial Bank. Jemsi (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 523-529.

Solehati, A., Mustafa, F., Hendrayani, E., Setyawati, K., Kusnadi, I. H., Suyoto, Y. T., & Tannady, H. (2022). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Service Quality Terhadap Brand Preference (Studi Kasus Pelanggan Gerai Ritel Kopi Di Dki Jakarta). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5146-5147.

Amelia, H., & Setyawati, K. (2023). Analisis Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kelurahan Bidara Cina Kota Administrasi Jakarta Timur. Pandita: Interdisciplinary Journal Of Public Affairs, 6(2), 106-120.

Mamusung, R. T., & Rasjid, E. Pengaruh Komitmen Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Supermarket Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 71-80.

Safrida, S., Syah, A., & Asmara, M. E. (2023). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja. Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 4(2), 121-133a.

Safrida, S., Tannady, H., Solissa, E. M., Sapulete, H., & Al Haddar, G. (2023). Strategic Leadership Analysis Of School Principal To Improve Learning Quality. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 391-399.

Simamora, R. N. H., & Elviani, S. (2022). Carbon Emission Disclosure In Indonesia: Viewed From The Aspect Of Board Of Directors, Managerial Ownership, And Audit Committee. Journal Of Contemporary Accounting, 1-9.

Safrida, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Formal Dan Status Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 25 Medan. Tijarah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(14).

Safrida, S., Silalahi, R. M. P., & Tannady, H. (2023). The Role Of School Principal Leadership Style, Work Environment And Family Support On Paud Teacher Performance. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2611-2618.

Darmadi, B., & Rifai, M. (2022). Steam Learning As Innovative Learning. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8), 3469–3474.

Fajri, I., Yusuf, R., Azhari, B., Sanusi, & Yusran. (2020). Innovation Model Of Citizenship Education Learning In The 21st-Century Skill-Learning Environment Of Stundents In Aceh. Journal Or Critical Reviews, 7(16), 2334–2343.

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2017). The Effect Of Problem-Based Learning (Pbl) On Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan, 3(1), 42–46.

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analysis Of Creative Thinking Ability On Polymer Concepts With A Steam Approach Containing Esd Of Bantarbolang 1 Public High School Students. Media Penelitian Pendidikan?: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51.

Rahmadana, A., & Sandra Agnesa, O. (2022). Description Of Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Implementation And Integration Of Steam "Art" Aspects In High School Biology Learning. Journal On Teacher Education, 4(1), 190–201.

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Analysis Study Of Critical Thinking Skills Of High School Students. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Haddar, G. A. H., Hendriyanto, D. ., Munandar, H. ., Kelibia, M. U. ., & Muhammadiah, M. . (2023). ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF PROJECT STEAM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10519–10525. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21559